Pengertian, Rumus dan Satuan Daya serta Contoh Soal Daya dan Contoh Penerapan Daya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini adalah pembahasan tentang daya yang meliputi pengertian daya, rumus daya, satuan daya, contoh soal daya, contoh daya, contoh daya dalam kehidupan sehari hari.

Pengertian Daya

Pada pembahasan tentang gerak, kamu telah mengetahui bahwa kecepatan adalah perubahan jarak per satu sekon. Misalkan, sebuah mobil kecepatannya 20 m/s.

Angka ini mengandung arti bahwa dalam satu sekon, mobil tersebut mampu menempuh jarak 20 m. Terlihat bahwa kecepatan merupakan perubahan jarak setiap satu sekon.

Usaha dapat didefinisikan sebagai perubahan energi. Jika perubahan energi ini diukur setiap satu sekon, akan didapatkan sebuah besaran baru yaitu perubahan usaha setiap satu sekon. Besaran tersebut disebut daya.
Jadi, daya dapat didefinisikan sebagai perubahan energi setiap satu sekon. Dalam bahasa Inggris, daya adalah power. Dengan demikian, daya dilambangkan dengan P.

Rumus Daya

Secara matematis, daya dituliskan sebagai berikut.

Pengertian, Rumus dan Satuan Daya serta Contoh Soal Daya dan Contoh Penerapan Daya Dalam Kehidupan Sehari-hari
Keterangan:
P = daya (Joule/sekon)
W = usaha (Joule)
t = waktu (sekon)

Satuan Daya

Satuan daya yaitu Joule/sekon. Dalam satuan SI disebut sebagai watt dilambangkan W.
1 watt = 1 Joule/sekon

Bagaimana hubungan antara daya, kecepatan, dan usaha?

Ingat kembali hubungan antara gaya dan usaha yang dirumuskan dengan W = F × s. Gaya F yang bekerja pada benda yang sedang bergerak sejauh Ds, sehingga:
W = F × Ds
Besar daya rata-rata:

Pengertian, Rumus dan Satuan Daya serta Contoh Soal Daya dan Contoh Penerapan Daya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Jadi, besar daya sesaat adalah:
P = F × v 
Keterangan:
P = daya sesaat
F = gaya
v = kecepatan

Contoh Soal Daya

Seorang pria yang beratnya 600 N mampu menaiki tangga setinggi 10 m dalam waktu 10 detik. Berapa daya yang dimiliki pria tersebut?

Jawab:
Diketahui W = 600 N
s = 10 m
t = 10 s
Ketika menaiki tangga, otot pria tersebut mengerjakan gaya yang sama dengan berat badannya yaitu F = 600 N.
P = .... ?


Jadi, daya yang dimiliki pria tersebut adalah 600 joule/sekon.

Contoh Penerapan Daya Dalam Kehidupan Sehari-hari

Jika diperhatikan, dalam kehidupan sehari-hari, banyak kejadian-kejadian yang ada hubungannya dengan daya. Berikut ini adalah contoh penerapan daya dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Jika dua lampu sejenis masing-masing 40 watt dan 10 watt dinyalakan menggunakan sumber arus yang sama, lampu 40 watt akan menyala lebih terang daripada lampu 10 watt. Hal ini dikarenakan lampu 40 watt dapat mengubah energi listrik ke dalam energi cahaya lebih cepat daripada lampu 10 watt.
  2. Ari dan Wibowo memiliki berat badan sama. Dengan demikian, keduanya dianggap memiliki energi yang sama. Ketika keduanya berlomba lari 100 m, ternyata yang lebih dulu mencapai garis finish adalah Ari. Dengan demikian, Ari mempunyai daya lebih besar daripada Wibowo.

Demikian pembahasan tentang pengertian daya, rumus daya, satuan daya, contoh soal daya, contoh daya, contoh daya dalam kehidupan sehari hari, contoh penerapan daya dalam kehidupan sehari hari.

0 Response to "Pengertian, Rumus dan Satuan Daya serta Contoh Soal Daya dan Contoh Penerapan Daya Dalam Kehidupan Sehari-hari"

Post a Comment