Pengertian Lembaga Pembiayaan dan Macam-macam Jenis Contoh Lembaga Pembiayaan

Berikut ini merupakan pembahasan tentang salah satu jenis lembaga keuangan bukan bank yaitu lembaga pembiayaan yang meliputi pengertian lembaga pembiayaan, definisi lembaga pembiayaan, bentuk lembaga pembiayaan, macam macam lembaga pembiayaan, jenis jenis lembaga pembiayaan, contoh lembaga pembiayaan.

Pengertian Lembaga pembiayaan

Apa yang dimaksud dengan lembaga pembiayaan?
Lembaga pembiayaan atau multifinance adalah salah satu lembaga keuangan bukan bank di Indonesia yang mempunyai kegiatan membiayai kebutuhan masyarakat baik bersifat produktif maupun konsumtif. 

Macam-macam Bentuk Lembaga Pembiayaan

Beberapa bentuk lembaga pembiayaan, di antaranya ialah sewa guna usaha (leasing), modal ventura (kodal patungan), kartu plastik (ATM dan kartu kredit), anjak piutang (factoring), dan pembiayaan konsumen (consumers finance). 
Mari kita lihat satu per satu!

1. Sewa guna usaha (leasing

Sewa guna usaha adalah kegiatan sewa atau menyewakan aktiva tetap, khususnya barang modal. 
Contoh perusahaan leasing adalah penyewaan mobil.
Leasing

2. Modal ventura (venture capital

Modal Ventura adalah kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal perusahaan tertentu ke perusahaan lainnya. 
Di Indonesia, perusahaan modal ventura lebih berwujud ke perusahaan pembiayaan atau pemberi pinjaman.

3. Kartu Plastik

Kartu plastik adalah benda berbentuk kartu yang berbahan dasar plastik yang digunakan untuk kebutuhan transaksi keuangan. 
Jenis kartu yang umum digunakan adalah kartu kredit dan kartu ATM yang juga berfungsi sebagai kartu debit. Kartu plastik diterbitkan oleh lembaga keuangan terutama oleh perbankan.

4. Anjak Piutang

Anjak piutang adalah lembaga pembiayaan yang kegiatannya berupa pengalihan piutang serta pengelolaan dan administrasi piutang.
Pengalihan piutang merupakan kegiatan pembiayaan karena perusahaan anjak piutang memberikan sejumlah dana tertentu kepada klien untuk mengganti piutang yang belum tertagih.

Kegiatan pengalihan piutang ini dikenal dengan jasa financing. Sedangkan jasa pengelolaan dan administrasi piutang dikenal dengan jasa non-financing.

5. Pembiayaan konsumen (consumers finance

Pembiayaan Konsumen adalah kegiatan pembiayaan yang dilakukan oleh lembaga keuangan bagi konsumen dan ditujukan untuk pembelian barang-barang yang bersifat konsumtif dan bukan untuk keperluan produktif. 
Contoh lembaga pembiayaan konsumen di Indonesia adalah Sumber Kredit.

0 Response to "Pengertian Lembaga Pembiayaan dan Macam-macam Jenis Contoh Lembaga Pembiayaan"

Post a Comment