Pengaruh Bahan Kimia pada Produk Pemutih, Pewangi dan Pembasmi Serangga


Berikut ini merupakan pembahasan tentang beberapa pengaruh bahan kimia dalam rumah tangga seperti pemutih, pewangi dan pembasmi serangga.

Pengaruh Bahan Kimia pada Produk Pemutih

Pakaian yang putih jika terkena kotoran, biasanya sukar dibersihkan dengan produk sabun biasa. Oleh karena itu, diperlukan bahan kimia tambahan untuk memutihkan kembali pakaian yang terkena kotoran yaitu bahan pemutih.

Nah, bahan kimia apa saja yang terdapat dalam pemutih? Bahan aktif pemutih adalah hipoklorit. Misal pada bahan pemutih berupa serbuk mengandung hipoklorit Ca(ClO2) yang biasanya dikenal kaporit, dan larutan pemutih mengandung natrium hipoklorit (NaClO).
Bahan pemutih menggunakan bahan aktif senyawa hipoklorit, misalnya natrium hipoklorit (NaClO).

Nah, bagaimana pemutih dapat menghilangkan kotoran yang membandel pada pakaian putih? Bahan pemutih akan mengoksidasi kotoran sehingga kotoran tersebut akan larut dalam air.

Selain produk pemutih untuk kain, ada juga produk pemutih untuk gigi dan kulit. Bahan apa yang terkandung dalam pemutih gigi? Pemutihan gigi dapat dilakukan dalam bidang kedokteran gigi.

Lalu, bahan kimia apa saja yang terkandung pada pemutih kulit? Coba kamu cari informasi di koran, majalah, atau internet, bahan kimia yang digunakan dalam pemutih kulit!

Pengaruh Bahan Kimia pada Produk Pewangi

Apa yang kamu lakukan untuk mengharumkan ruangan atau menghilangkan bau apek di lemari pakaian? Tentunya kamu akan menyemprotkan bahan pengharum ruangan agar ruangan menjadi harum.

Bahan untuk mengharumkan lemari pakaian biasanya menggunakan kapur barus atau yang lebih dikenal dengan nama kamfer.

Pernahkah kamu menggunakan produk pewangi untuk mengharumkan badanmu? Apakah yang menyebabkan bau harum pada produk pewangi?

Aroma khas dari bahan pewangi umumnya berasal dari aroma buah-buahan dan bunga. Untuk mendapatkan aroma buah-buahan dan bunga dapat dilakukan dengan mengekstrak langsung buah-buahan atau bunga yang diinginkan.

Akan tetapi, cara seperti ini membutuhkan biaya yang sangat besar sehingga kebanyakan bahan pewangi dibuat secara sintetik dengan meniru senyawa yang terdapat dalam bunga dan buah-buahan.

Produk pewangi yang banyak digunakan adalah dalam bentuk cair, seperti pengharum ruangan dan pengharum badan. Selain berbentuk cair, ada pula pewangi yang berbentuk padat.

Pengaruh Bahan Kimia pada Produk Pembasmi Serangga

Bahan kimia apa saja yang biasa kamu gunakan untuk membasmi serangga di rumahmu? Bagaimanakah bentuk dari produk-produk pembasmi serangga tersebut?

Produk pembasmi serangga sangat beraneka ragam. Serangga yang paling sering mengganggu adalah nyamuk. Biasanya bahan kimia yang terdapat pada pembasmi serangga terdiri atas senyawa karbamat, fosfat, dan klorin.

0 Response to "Pengaruh Bahan Kimia pada Produk Pemutih, Pewangi dan Pembasmi Serangga"

Post a Comment