Pengertian dan Macam-macam Jenis Otot Beserta Fungsinya Dilengkapi Mekanisme Kerja (Kontraksi) Otot

Berikut ini merupakan pembahasan tenang salah satu komponen sistem gerak manusia yaitu otot, yang pembahasannya meliputi pengertian otot, macam macam otot, fungsi otot, jenis jenis otot, cara kerja otot, mekanisme kerja otot, mekanisme kontraksi otot, mekanisme gerak otot, fungsi otot polos, fungsi otot jantung, fungsi jaringan otot, otot pada manusia, fungsi otot lurik, cara kerja otot polos, gerak antagonis, pengertian kekuatan otot.

Otot Tubuh Manusia

Otot manusia meliputi 40 – 50% dari berat tubuh. Otot bersifat elastis, dapat diregangkan, dapat dirangsang, dan berkontraksi. Tulang-tulang tidak dapat bergerak tanpa adanya otot, sehingga otot sering disebut alat gerak aktif.

Pengertian Otot

Otot adalah sebuah jaringan dalam tubuh manusia dan hewan yang berfungsi sebagai alat gerak aktif yang menggerakkan tulang. Otot diklasifikasikan menjadi tiga jenis yaitu otot lurik, otot polos dan otot jantung. Otot menyebabkan pergerakan suatu organisme maupun pergerakan dari organ dalam organisme tersebut.

Fungsi Otot

Otot-otot dalam tubuh manusia melakukan beberapa fungsi penting.

  1. Fungsi utama mereka adalah gerakan, baik sengaja dan tidak sengaja, dan mereka juga mendukung tubuhnya, membantu menjaga postur.
  2. Fungsi tambahan adalah untuk menghasilkan panas sebagai produk sampingan dari proses lainnya.
  3. Fungsi lain dari otot-otot dalam tubuh manusia adalah dukungan. Otot rangka terus bekerja untuk mendukung tubuh dan membantu untuk mempertahankan postur, apakah seseorang duduk atau berdiri. Otot-otot ini juga mendukung, menstabilkan, dan memperkuat sendi dengan memegang tulang dalam posisi yang tepat, terutama di daerah di mana bagian-bagian dari sendi tidak cocok bersama erat, seperti bahu dan pinggul.

Macam-macam Jenis Otot

Berdasarkan lokasi, struktur otot, dan kontrol dari saraf, otot dibagi menjadi tiga, yaitu otot polos, otot lurik, dan otot jantung.

a. Otot polos

Otot ini terletak pada organ-organ dalam, geraknya lamban, dan bekerja tidak dipengaruhi sistem otak sadar. Maka otot polos sering disebut otot tidak sadar.

Geraknya teratur dan tidak cepat lelah. Berbentuk kumparan (gelendong atau spindel) dan kedua ujungnya meruncing. Setiap sel mempunyai satu inti yang terletak di tengah.
Pengertian dan Macam-macam Jenis Otot Beserta Fungsinya Dilengkapi Mekanisme Kerja (Kontraksi) Otot
Gambar: Macam-macam Jenis Otot

b. Otot lurik

Otot ini disebut juga otot rangka karena melekat pada rangka. Selnya berbentuk silinder dan memiliki banyak inti. Sel-sel otot membentuk serabut otot. Kumpulan serabut otot membentuk berkas otot.

Dan kumpulan berkas otot membentuk otot atau kamu sering menyebutnya daging. Bagian tengah otot menggembung dan kedua ujungnya yang keras mengecil disebut urat atau tendon.

Tendon inilah yang melekat pada tulang. Otot lurik bekerja secara sadar atau di bawah perintah otak dan kontraksi yang terus-menerus menimbulkan kelelahan.

c. Otot jantung

Otot jantung memiliki sifat seperti otot polos, terletak pada jantung, dan strukturnya menyerupai otot lurik. Namun otot jantung berbeda dengan otot lurik karena memiliki sel bercabang dan satu inti yang berada di tengah. Otot jantung termasuk otot tidak sadar dan dapat bekerja terus-menerus.

Mekanisme Kerja dan Kontraksi Otot

Otot akan berkontraksi jika mendapat rangsangan dari saraf. Kontraksi menyebabkan otot menarik tulang yang dilekatinya sehingga menyebabkan gerakan pada sendi.
Pengertian dan Macam-macam Jenis Otot Beserta Fungsinya Dilengkapi Mekanisme Kerja (Kontraksi) Otot
Gambar: Cara Kerja Otot

Kontraksi otot akan menggerakkan tulang ke suatu arah. Untuk mengembalikan tulang seperti semula, diperlukan otot lain yang menggerakkan tulang ke arah berlawanan. Dua otot yang bekerjanya saling berlawanan seperti ini disebut otot antagonis. 

Misalnya pada otot bisep dan trisep, yang menyebabkan lengan dapat dibengkokkan dan diluruskan. Bentuk gerakan yang bersifat antagonis dapat berupa gerakan ekstensor yaitu otot yang berperan meluruskan sendi dan fleksor yaitu otot yang berperan membengkokkan sendi.

Gerakan otot yang lain bekerja secara sinergis, yaitu otot yang bekerja secara bersamaan. Misalnya telapak tangan yang menengadah atau menelungkup oleh otot pronator yang terletak di lengan bawah.

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Jenis Otot Beserta Fungsinya Dilengkapi Mekanisme Kerja (Kontraksi) Otot"

Post a Comment