Pengertian dan Komponen Alat Sistem Gerak pada Manusia

Berikut ini merupakan pembahasan tentang sistem gerak pada manusia, yang meliputi pengertian sistem gerak, macam macam sistem gerak, alat gerak pada manusia, sistem gerak pada manusia kelas 8.

Tubuh makhluk hidup tersusun atas sel. Sel-sel yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama membentuk jaringan. Beberapa jaringan menyusun organ. Organ-organ saling bekerjasama membentuk sistem organ.

Di dalam tubuh manusia terdapat berbagai sistem organ, antara lain sistem gerak, pencernaan, pernapasan, sistem peredaran darah, sistem ekskresi, dan sistem reproduksi. Penyakit atau kelainan pada sistem organ dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan.

Pengertian Sistem Gerak pada Manusia

Gerak merupakan salah satu ciri dari makhluk hidup. Tubuhmu akan bergerak apabila menerima rangsangan dari luar. Misalnya bila tiba-tiba kakimu terkena benda panas. Apa yang kamu lakukan?

Pasti segera menarik kaki menjauhi benda panas itu. Jadi gerak merupakan suatu tanggapan makhluk hidup terhadap rangsangan dari lingkungan.

Sistem gerak pada manusia tersusun dari rangka, persendian dan otot. Rangka disebut alat gerak pasif sedangkan otot disebut alat gerak aktif. Dapat disebut demikian karena rangka hanya dapat digerakkan oleh otot.
Pengertian dan Komponen Alat Sistem Gerak pada Manusia
Skema: Sistem Gerak pada Manusia

Macam-macam komponen (Alat) sistem gerak pada manusia


1. Rangka

Rangka (skelet) merupakan rangkaian tulang yang mendukung dan melindungi organ tubuh yang lunak. Tulang satu dengan tulang yang lain dihubungkan oleh persendian (artikulasi). Sistem rangka yang terletak di dalam tubuh dan dilindungi oleh kulit dan otot disebut endoskeleton.

Baca: Macam-macam Jenis Rangka dan Fungsinya

2. Hubungan Antartulang (Persendian/Artikulasi)

Persendian ialah tempat perhubungan antara tulang-tulang penyusun rangka tubuh. Tulang hanya dapat dibengkokkan atau diputar di daerah sendi saja karena tulang sendiri terlalu keras untuk dibengkokkan tanpa patah.

Baca: Macam-macam Jenis Sendi dan Fungsinya

3. Otot Tubuh Manusia

Otot manusia meliputi 40 – 50% dari berat tubuh. Otot bersifat elastis, dapat diregangkan, dapat dirangsang, dan berkontraksi. Tulang-tulang tidak dapat bergerak tanpa adanya otot, sehingga otot sering disebut alat gerak aktif.

Baca: Macam-macam Jenis Otot dan Fungsinya

Demikian pembahasan tentang sistem gerak pada manusia yang meliputi pengertian dan komponen alat pada sistem gerak manusia.

0 Response to "Pengertian dan Komponen Alat Sistem Gerak pada Manusia"

Post a Comment