Pengertian dan Fungsi serta Cara Kerja Relay Listrik beserta Gambarnya Lengkap

Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian relay, fungsi relay, cara kerja relay, prinsip kerja relay, relay lampu mobil, kegunaan relay, relay lampu motor, cara kerja relay 5 kaki, pengertian thermal overload relay, cara kerja relay 4 kaki, relay listrik, pengertian frame relay, sistem kerja relay, cara kerja relai magnetik, cara kerja relay 12 volt, fungsi relay pada motor, relay proteksi, relay klakson, cara kerja relay listrik, cara kerja kontaktor, relay klakson motor.

Prinsip Elektromagnet dalam Relai

Relai adalah alat elektronika yang dapat menghubungkan atau memutuskan arus listrik yang besar dengan memanfaatkan arus listrik yang kecil. Relai merupakan saklar yang bekerja dengan menggunakan prinsip elektromagnet.

Pernahkah kamu melihat sebuah relai? Perhatikan bentuk relai dan skema relai pada Gambar di bawah ini.
Pengertian dan Fungsi serta Cara Kerja Relay Listrik beserta Gambarnya Lengkap
Gambar: (a) Relay dan (b) Skema Relay

Cara Kerja Relay

Bagaimana relai memanfaatkan prinsip elektromagnetik sehingga relai dapat berfungsi sebagai saklar? Ketika ada arus lemah yang mengalir melalui kumparan, inti besi lunak akan menjadi magnet.

Setelah menjadi magnet, inti besi tersebut menarik jangkar besi lunak sehingga kontak saklar akan terhubung dan arus listrik kuat dapat mengalir. Kontak saklar akan terputus jika arus lemah yang masuk melalui kumparan diputuskan.

Pada relai terdapat dua buah rangkaian yang terpisah. Rangkaian pertama adalah rangkaian yang menghubungkan arus lemah dengan elektromagnet pada relai.
Pengertian dan Fungsi serta Cara Kerja Relay Listrik beserta Gambarnya Lengkap
Gambar: Rangkaian pada Relay

Rangkaian kedua adalah rangkaian yang memanfaatkan kontak saklar pada relai untuk memutuskan atau menghubungkan arus listrik kuat yang terhubung dengan alat listrik lainnya, seperti motor listrik atau lampu.

0 Response to "Pengertian dan Fungsi serta Cara Kerja Relay Listrik beserta Gambarnya Lengkap"

Post a Comment