Perjuangan Diplomasi Bangsa Indonesia Merebut Irian Barat

Bangsa Indonesia yang mempunyai kepribadian Pancasila dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam pergaulan antarbangsa, selalu menjujung tinggi hak asasi manusia serta mengutamakan musyawarah untuk mufakat dalam menghadapi persoalan, termasuk dalam menyelesaikan masalah Irian Barat dengan Belanda.

Imperialis Belanda sebenarnya masih ingin menjajah Indonesia yang subur makmur dan kaya akan hasil bumi, maka dengan dalih memperjuangkan kemerdekaan Irian Barat lepas dari pemerintah Republik Indonesia, Belanda selalu menunda untuk menyerahkan Irian Barat kepada Indonesia.

Oleh karena sikap Belanda yang demikian, maka dalam rangka merebut kembali Irian Barat bangsa Indonesia melakukan perjuangan baik perjuangan diplomasi maupun perjuangan secara radikal.

Perjuangan Diplomasi Bangsa Indonesia Merebut Irian Barat
Bagan Peta Konsep Pembebasan Irian Barat

Perjuangan secara diplomasi

1. Melalui kabinet perlementer

Usaha membebaskan Irian Barat melalui jalan diplomasi dimulai sejak kabinet pertama pada masa kabinet parlementer dan secara terus-menerus telah dijadikan program oleh setiap kabinet.

Namun usaha itu telah mengalami kegagalan sebagai akibat sikap Belanda yang tetap menginginkan menguasai wilayah Irian.

Bahkan pada bulan Agustus 1952, pemerintah Belanda dengan persetujuan parlemennya secara sepihak memasukkan Irian Barat ke dalam wilayah kerajaan Belanda.

Pihak Indonesia membalas tindakan Belanda itu pada bulan April 1953 dengan menghapuskan misi militer Belanda.

2. Melalui forum Perserikatan Bangsa-Bangsa

Setelah usaha-usaha diplomasi secara bilateral tidak berhasil, Kabinet Ali Sastroamijoyo membawa masalah Irian Barat ke forum Perserikatan Bangsa-Bangsa. 

3. Sidang umum PBB

Namun usaha ini pun mengalami kegagalan. Kabinet Burhanuddin Harahap meneruskan usaha kabinet yang digantikannya melalui sidang Majelis Umum PBB.

Pihak Belanda menanggapi dengan pernyataan bahwa Irian Barat adalah masalah bilateral antara Indonesia dan Belanda.

4. Konfrensi Asia Afrika

Di samping itu pemerintah Republik Indonesia dalam pembebasan Irian Barat dilakukan melalui forum-forum solidaritas Asia Afrika, seperti dalam Konferensi Asia Afrika di Bandung.

0 Response to "Perjuangan Diplomasi Bangsa Indonesia Merebut Irian Barat "

Post a Comment