Pengertian Benua dan Samudra Lengkap

Pembahasan kali ini akan membahas tentang pengertian  benua, pengertian samudra, pengertian penjelajah samudra, hakikat samudra dan hakikat benua.


HAKIKAT BENUA DAN SAMUDRA

Bumi adalah salah satu planet dalam tata surya. Usia bumi diperkirakan telah mencapai 4,6 milyar tahun. Bumi mempunyai lapisan udara (atmosfer) dan medan magnet yang disebut magnetosfer yang melindungi permukaan bumi dari angin, matahari, sinar ultraviolet, dan radiasi dari luar angkasa.

Dari antariksa, bumi terlihat seperti bola yang indah dan cerah keadaannya. Sekitar 71% persen permukaan bumi tertutup air dan 29%-nya berupa daratan. Permukaan bumi terbagi atas belahan bumi utara dan belahan bumi selatan.
Pengertian Benua dan Samudra Lengkap
Gambar: Benua dan Samudra


Batas kedua belahan ini adalah garis khatulistiwa atau ekuator. Mulai dari khatulistiwa ke arah Kutub Utara disebut belahan bumi utara, sedangkan dari khatulistiwa ke arah Kutub Selatan disbeut belahan bumi selatan.

Panjang diameter bumi pada khatulistiwa adalah 12.756.776 m, sedangkan jika diukur melewati kutub, panjangnya hanya 12.713.824 m. Luas permukaan bumi seluruhnya 510.101.000 km2.

Perbedaan suhu di bumi antara -7oC sampai 55°C, massa bumi kira-kira 59760 milyar ton dengan luas permukaan 510 juta km persegi. Udara di bumi terdiri atas 78% gas nitrogen, 21% oksigen, 1% uap air, CO2, dan gas-gas lain.

1. Benua

Benua ialah bagian bumi yang terdiri atas tanah atau daratan yang sangat luas. Benua dengan mudah dapat dilihat pada peta atau globe. Benua yang terluas adalah Benua Asia.

Luas keseluruhannya 44.180.000 km2 atau 29,5% dari luas daratan seluruh dunia. Pada tabel 10.1 berikut kalian dapat mengetahui luas benua-benua di dunia.

Adapun luas muka bumi yang berupa daratan sekitar 30% dari luas seluruh muka bumi. Daratan tersebut terdiri atas lima benua yang dihuni oleh manusia dan satu benua yang tidak dapat dijadikan tempat hunian. Daratan yang tidak dapat dihuni adalah Benua Antartika di Kutub Selata



2. Samudra

Istilah samudra berasal dari bahasa Sanskerta yang berarti laut yang luas dan merupakan massa air asin yang sambung menyambung meliputi permukaan bumi yang dibatasi oleh benua atau kepulauan yang besar.

Bagian bumi yang tertutup oleh air (lautan) luasnya diperkirakan hampir 75% dari luas total bumi. Lautan mendominasi bagian bumi selatan, dan daratanlah yang mendominasi bagian bumi utara.

Air samudra merupakan campuran dari 45% air murni dan 3,5% material lainnya, seperti garam-garaman, gas-gas terlarut, bahan-bahan organik serta partikel-partikel tak terlarut.

Di bumi terdapat empat samudra besar, yaitu Samudra Pasifik seluas 165,4 juta km2, Samudra Atlantik seluas 82,4 juta km2, Samudra Hindia seluas 73,4 juta km2, dan Samudra Antartika seluas 14,0 juta km2.

Samudra meliputi 75% permukaan bumi, dengan area seluas 361 juta km². Isi samudra sekitar 1370 juta km³ dengan kedalaman rata-rata 3790m. Bagian samudra yang lebih kecil adalah laut, selat, teluk.

Selat adalah sebuah wilayah perairan relatif sempit yang menghubungkan dua bagian perairan yang lebih besar, oleh sebab itu biasanya terletak di antara dua permukaan daratan.

Selat buatan disebut terusan atau kanal. Contoh Selat Sunda di negara kita, Indonesia, Selat Gibraltar yang berada antara Benua Eropa dan Benua Afrika.

Teluk adalah wilayah perairan yang menjorok ke arah daratan dan dibatasi oleh daratan pada ketiga sisinya. Teluk berkebalikan dari tanjung dan biasanya keduanya dapat ditemukan pada suatu garis pantai yang sama.

Teluk-teluk yang terkenal di dunia antara lain Teluk San Fransisco (USA), Teluk Guantanamo (Cuba), Teluk Persia (Iran), Teluk Cendrawasih (Indonesia).

0 Response to "Pengertian Benua dan Samudra Lengkap"

Post a Comment