Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS)

Pembahasan ini adalah tentang pemberontakan republik maluku selatan (RMS), gerakan republik maluku selatan, peristiwa RMS, Pemberontakan RMS, foto bendera RMS, tokoh pemberontakan republik maluku selatan, dll.

Dengan gagalnya pemberontakan Andi Azis yang sebenarnya didalangi oleh dr. Soumukil, maka menyebabkan dr. Soumukil pada tanggal 25 April 1950 mempoklamirkan berdirinya Republik Maluku Selatan (RMS) lepas dari kekuasaan Republik Indonesia.

Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS)
Gambar: Logo RMS

Usaha-usaha pemerintah RI dalam rangka menumpas pemberontakan RMS adalah sebagai berikut.

1. Menyelesaikan dengan cara damai yaitu dengan mengirim utusan di bawah pimpinan Dr. Leimena, namun usaha tersebut mengalami kegagalan.

2. Mengirim pasukan ekspedisi di bawah pimpinan Kolonel Alex Kawilarang.

Pasukan tersebut mendarat di Pulau Buru dengan dilindungi di Ambon dan menguasai Benteng Nieuw Victoria. Tetapi dalam memperebutkan benteng tersebut, Letkol Slamet Riyadi dan Letkol Sudiarto gugur.

Setelah kota Ambon berhasil dikuasai pasukan APRIS, maka para pemberontak melarikan diri ke hutan. Akhirnya tanggal 2 Desember 1963 dr. Soumukil bersama anak buahnya dapat ditangkap hidup-hidup dan oleh Mahmilub di Jakarta, mereka dijatuhi hukuman mati.

0 Response to "Pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS)"

Post a Comment