Mengapa Negara Maju Tidak Tergantung Pada Alam?

Ada sebuah pertanyaan; mengapa negara maju tidak tergantung pada alam? Benarkah negara maju tidak tergantung pada alam?

Sebenarnya tidak mudah untuk menjawab pertanyaan ini. Karena sebenarnya negara maju juga membutuhkan alam, walaupun tidak secara langsung dan mungkin melalui perantara negara lain.

Tapi seandainya pertanyaan ini masih tetap diajukan, setidaknya beberapa alasan di bawah ini dapat menjawabnya;

1. Diantara ciri negara maju adalah penduduknya lebih banyak bekerja di sektor industri dari pada pertanian

Walaupun untuk mendapatkan barang-barang produksi, sebuah negara atau perusahaan juga mengimpornya atau membelinya dari negara lain yang diambilnya langsung dari alam.

2. Bahwa negara maju lebih berorientasi pada perdagangan dalam dan luar negeri

3. Kegiatan Ekonomi Utama di Sektor Industri dan Jasa
Mengapa Negara Maju Tidak Tergantung Pada Alam?
Gambar: Perekonomian Negara Berkembang

Mata pencaharian utama masyarakat di negara maju adalah bidang industri dan jasa. Contoh bidang industri adalah industri mobil, elektronik, alat-alat berat, pesawat terbang, dan makanan jadi. Contoh bidang jasa yaitu jasa keuangan, pendidikan, hiburan, dan konsultan.

Struktur ekonomi masyarakat di negara maju sudah bergeser dari perekonomian agraris ke perekonomian industri. Artinya, mata pencaharian pokok rakyat di negara maju berasal dari sektor industri dan jasa.

Akan tetapi tidak berarti hasil produksi pertanian di negara industri lantas mengecil. Pertanian di negara maju dikembangkan dengan teknologi canggih sehingga bisa lebih produktif dan menghasilkan produk pertanian yang berkualitas.

Jadi, kesimpulannya adalah bahwa sumber daya alam yang ada pada umumnya dikelola oleh negara-negara berkembang dan kemudian diekspor ke negara-negara maju.

0 Response to "Mengapa Negara Maju Tidak Tergantung Pada Alam?"

Post a Comment